Nabi Nuh

Nabi Nuh

Dari Ibnu Katsir  bahwa Nuh di utus untuk kaum Rasib. Dia lahir 126 tahun sepeninggal nabi Adam, sementara menurut ahli kitab dia lahir 140 tahun sepeninggal nau Adam. Dia adalah utudan yang pertama yang diutus untuk umat manusia. Ibnu Abbas menceritakan bahwa Nabi Nuh diutus pada kaumnya ketika berumur 480 tahun. Masa kenabiannya adalah 120 tahun dan berdakwah selama 5 abad. Dia mengurangi banjir ketika ia berumur 600 tahun, dan kemudian setelah banjir ia hidup selama 350 tahun.
Nabi Nuh adalah seorang rasul yang diceritakan dalam taurat, alkitab, dan alquran. Nuh diangkat menjadi nabi sekitar tahun 3650 SM. Diperkiarakan ia tinggal di wilayah selatan irak modern. Namanya disebutkan sebanyak 58 kali dalam 48 ayat 9 buku alkitab terjemahan baru, dan 43 kali dalam al-quran.
Dalam agama Islam, Nabi Nuh adalah Nabi ketiga setelah Nabi Adam dan Idris. Ia merupakan keturunan kesembilan dari Adam. Ayahnya adalah Lamik (Lamaka) bin Mutawasylah  (Matusalij) bin Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qainan bin Anusyi bin syits bin Adam. Antara Adam dan Nuh ada rentang 10 generasi dan selama periode kurang lebih 1642 tahun. Nabi Nuh hidup selam 950 tahun. Ia mempunyai istri bernama Wafilah, sedangkan beberapa sumber lain mengatakan istri Nuh adalah Namaha binti Tzila atau Amzurah binti Barakil. Nabi Nuh Memiliki 4 anak:
1. Kan'an bin Nuh
2. Yafith bin Nuh
3. Sam bin Nuh
4. Ham bin Nuh

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN BAHASA INDONESIA DENGAN MATEMATIKA

A. Kehidupan Remaja dalam Lingkungan Sosialnya

LEGENDA BURUNG API (PHOENIX)