RPP Logaritma
RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA NEGERI KESAMBEN
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas / Semester :
X (Sepuluh) / Ganjil
Alokasi
waktu : 1 x 20 menit
A.
Standar
Kompetensi
Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
B.
Kompetensi
Dasar
Menggunakan sifat dan
aturan tentang pangkat, akar, dan logaritma dalam pemecahan masalah.
C.
Indikator
1.
Kognitif
a.
Menyerdehanakan bentuk logaritma dengan
menggunakan sifat-sifat logaritma.
2.
Afektif
a.
Memperhatikan dengan seksama materi
menyederhanakan bentuk logaritma dengan menggunakan sifat-sifat logaritma.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik mampu :
1. Kognitif
a.
Peserta didik mampu menyerdehanakan
bentuk logaritma dengan menggunakan sifat-sifat logaritma.
2. Afektif
a.
Peserta didik memperhatikan dengan
seksama materi menyederhanakan bentuk logaritma dengan menggunakan sifat-sifat
logaritma.
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Menyederhanakan bentuk logaritma dengan
menggunakan sifat-sifat logaritma
ax = c dikenal
dengan operasi perpangkatan/eksponen.
ax = c ↔
=
a dikenal dengan operasi bentuk
akar.
ax = c ↔ a log c = x dikenal dengan dengan operasi logaritma.
Sehingga dapat
disimpulkan bahwa antara bentuk pangkat/eksponen dengan bentuk logaritma
memiliki korelasi yang erat.
Definisi
: logaritma suatu bilangan c untuk
bilangan pokok atau basis a, adalah
eksponen bilangan berpangkat yang menghasilkan c jika a dipangkatkan
dengan eksponen tersebut, dimana a>0,
a≠1, dan c>0.
a
log c = x ↔ ax = c (a log c dibaca logaritma c dengan basis a)
Dengan : a
= bilangan pokok/ basis.
c =
numerus (yang dicari nilai logaritmanya).
x =
hasil logaritma.
Sifat-sifat logaritma :
1.
Sifat 1
Untuk a>0, a≠1,
berlaku :
a log a = 1, a log 1 = 0, log
10 = 1
2.
Sifat 2
Untuk a>0, a≠1,
x>0, dan y>0 serta a, x, dan y є
berlaku :
a log x + a log y = a
log xy
3.
Sifat 3
Untuk a>0, a≠1,
x>0, dan y>0, serta a, x, dan y є
berlaku :
a log x – a log y = a
log
4.
Sifat 4
Untuk a>0, a≠1,
dan a, n, dan x є
berlaku :
a log xn = n a log
x
5.
Sifat 5
Untuk a,m > 0, serta
a, m, n, x є
berlaku :
6.
Sifat 6
Untuk a,p > 0 dan
a,p ≠ 1, serta a, p, dan x є
berlaku :
a log x =
7.
Sifat 7
Untuk a>0, x>0,
y>0, a, x, dan y є
berlaku :
a log x . x log y = a
log y
8.
Sifat 8
Untuk a>0, serta a
dan x є
berlaku :
9.
Sifat 9
Untuk a>0, serta a
dan x є
berlaku :
F.
Model
Pembelajaran
Ceramah,
Tanya jawab, dan Latihan Soal
G.
Langkah-langkah
kegiatan
1. Kegiatan
awal (± 3 menit)
Ø Guru mengucapkan salam.
Ø Apersepsi
: Mengingat kembali tentang bilangan berpangkat/eksponen.
Ø Motivasi
: Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk logaritma.
2. Kegiatan
inti (±15 menit)
Ø Eksplorasi
Guru
menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan. (Nilai yang
ditanamkan : Mandiri, Kreatif, Kerja Keras)
Ø Elaborasi
1) Guru
menjelaskan materi menyederhanakan bentuk logaritma.
2) Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya jika ada yang belum mengerti.
3) Guru
memberikan contoh soal tentang materi yang dijelaskan.
4) Guru
memberikan soal kepada peserta didik untuk dikerjakan di papan tulis.
5) Guru
memberikan tugas individu kepada peserta didik
(Nilai
yang ditanamkan : Rasa Ingin Tahu, Jujur, Mandiri, dan Kerja Keras)
Ø Konfirmasi
1) Guru
memberikan kesimpulan dari masalah yang ditanyakan oleh peserta didik.
(Rasa
Ingin Tahu, Kreatif, Mandiri)
3. Kegiatan
akhir (±2 menit)
Ø Guru
menyimpulkan materi yang telah dibahas.
Ø Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya.
H.
Alat
/ media dan sumber belajar
Alat / media : whiteboard, spidol.
Sumber belajar :
1.
Buku BSE Matematika untuk kelas X
Sekolah Menengah kejuruan, karangan Hendi Senja Gumilar.
2.
Buku Paket Matematika Kurikulum 2013
untuk SMA / MA kelas X
I.
Penilaian
1.
Kognitif (Terlampir)
2.
Afektif (Terlampir)
Jombang,
12 Pebruari 2014
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Praktikan
Rifa Nurmila, S.Pd.,
M.Pd Muhammad Nur huda
Penilaian
Kognitif
Tugas
individu
a.
Sederahanakan operasi bilangan
berpangkat berikut !
1)
25 x 29 x 26
2)
b.
Sederhanakan bentuk pangkat berikut ini
!
1)
2)
c.
Nyatakan bilangan-bilangan berpangkat
berikut ini ke dalam pangkat positif !
1)
2)
d.
Nyatakan bilangan bilangan berpangkat
berikut in ke dalam pangkat negatif !
1)
a5 x a-2 x b3
2)
Ø
Kunci
Jawaban
a.
Sederahanakan operasi bilangan
berpangkat berikut !
1)
25 x 29 x 26
= 25+9+6
= 220
2)
=
=
=
=
=
=
34
b.
Sederhanakan bentuk pangkat berikut ini
!
1)
=
=
2)
=
=
=
=
c.
Nyatakan bilangan-bilangan berpangkat
berikut ini ke dalam pangkat positif !
1)
=
=
2)
=
=
d.
Nyatakan bilangan bilangan berpangkat
berikut in ke dalam pangkat negatif !
1)
a5 x a-2 x b3
=
=
2)
=
=
Penilaian
Afektif
Penilaian afektif dilakukan melalui
respon, keatifan, dan ketepatan dalam menjawab pertanyaan pada proses belajar
mengajar berlangsung.
No
|
Nama Siswa
|
No Absen
|
Aspek
|
Rata-rata
Nilai
|
||
Respon
|
Keaktifan
|
Ketepatan
|
||||
1
2
3
4
5
|
Keterangan
:
4: Sangat Baik ( A) 2:
Cukup (C)
3: Baik (B) 1: Kurang (D)
Komentar
Posting Komentar